jump to navigation

Disposable Email August 7, 2007

Posted by deltawhiski in IT.
trackback

Betul, email sekali pakai dan setelah itu dibuang. Persis seperti tissue atau tusuk gigi saja.

But what for?

Oke, seringkali (bahkan hampir setiap kali) kita mendaftarkan sesuatu di internet, selalu diminta mengisi email. Kemudian situs ybs secara otomatis akan mengirimkan email ke alamat yang kita isi untuk memastikan apakah betul kita request untuk mendaftarkan sesuatu. Kalau iya, kita harus me-reply email tersebut atau meng-click link yang disertakan. Jadi sederhananya, kita tidak bisa “memaksa” orang lain untuk subscribe atau register sesuatu kalau bukan kehendak dia sendiri. Pretty good huh.

Tetapi masalahnya, seringkali (sudah sangat sering) email yang kita pakai untuk register tersebut di-share dengan spammer atau pihak lain sehingga setelah itu mailbox kita bakal kebanjiran email-email sampah.

Salah satu cara praktis adalah menggunakan disposable email atau email sekali pakai. Saya menggunakan contoh mailinator, salah satu situs penyedia jasa disposable email.

Misalkan saya ingin men-download lagu dari salah satu situs, tetapi mengharuskan kita register dulu dan untuk mengaktifkan account, situs akan mengirimkan password ke email yang kita daftarkan. Karena toh keperluannya hanya sekali saja (mendapatkan password login), maka saya mendaftarkan menggunakan mis. badak@mailinator.com

System di situs tempat saya mendaftar akan mengirimkan informasi login ke email badak@mailinator.com

Bagaimana cara check mail?

Mudah, arahkan web browser ke http://www.mailinator.com, di bagian atas dan cukup mencolok ada sebuah field kosong tempat mengetikkan alamat email kita dan langsung login, tanpa perlu pakai password. Kalau email yang kita tunggu sudah dikirim, pasti ada disana.

Penggunaan disposable email sedemikian mudah sehingga siapapun yang ingin pakai tidak perlu register dulu. Tidak perlu memilih alamat email atau memastikan email yang kita inginkan belum dipakai orang lain. Alamat email akan segera tersedia, instan, begitu ada yang mengirimkan ke alamat tersebut. Kita boleh sesuka hati hari ini menggunakan badak@mailinator.com, besoknya unta@mailinator.com dsb.

Email yang masuk selang beberapa jam kemudian (biasanya tidak lebih dari 12 jam) secara otomatis akan dihapus oleh sistem. Jadi kalau request sesuatu, pastikan untuk check mail tidak lama setelahnya. Jangan tunggu sampai besok atau berhari-hari seperti kalau menggunakan email biasa.

Mengenai security bagaimana?

Jangan dipikirkanlah, disposable email ini tidak di-create untuk tujuan itu. Toh untuk check mail saja tidak membutuhkan password apapun untuk login. Kalau kebetulan ada 2 orang yang menggunakan alamat yang sama pada waktu yang hampir bersamaan, ya bisa saling lihat isinya.

Penyedia jasa disposable email cukup banyak, selain mailinator yang saya gunakan contoh, masih ada pookmail, spaml, spamex, spambob, guerillamail, jetable, trashmail, sneakemail, temoraryinbox dan lain-lain.

Kalau Anda tertarik googling menggunakan keyword disposable email, Anda bisa menemukan selusin lainnya lagi.

Comments»

1. digizer - December 1, 2008

posting lama tapi berguna
thx ya

Senang kalau tulisan kami bermanfaat.
Terima kasih sudah mampir

2. OWM Staff - June 24, 2010

Sekedar berbagi informasi, mudah-mudahan tidak dianggap spam🙂

Saat ini kami juga sedang membangun layanan email sekali pakai, silahkan dicoba🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: