jump to navigation

You Are What You Think October 28, 2008

Posted by deltawhiski in general, manajemen, opinion.
trackback

Saya bergaul dengan teman-teman pemain basket cukup lama. Saya mengikuti mereka bertanding sudah ratusan kali, mulai dari pertandingan persahabatan, pertandingan segi 3, segi 4, segi 6, kompetisi lokal hingga PON.

Salah satu hal yang saya perhatikan adalah menjelang pertandingan, sang pelatih akan mengajak pemainnya untuk diskusi ringan, membahas kekuatan dan kelemahan calon lawan nantinya. Saya perhatikan, selalu ada satu pertanyaan yang diajukan pelatih kepada pemainnya,

“Bagaimana pendapat kamu, bisa tidak kita hajar mereka?”.

Pertanyaan tersebut ditanyakan berulang-ulang dari satu pemain ke pemain yang lain. Dalam berbagai kesempatan, selalu ada yang optimis, juga ada yang pesimis. Sang pelatih tidak bisa memaksakan semua pemain harus optimis, tetapi yang dilakukan adalah lebih sering memainkan pemain-pemain yang optimis sebagai starter dan mereka yang pesimis sebagai pemain cadangan.

Mindset = Keyakinan

Itulah yang diterapkan oleh pelatih basket teman-teman saya. Mereka yang optimis bisa “menghajar” lawannya, akan berusaha dan mempunyai alasan serta menemukan caranya bagaimana menghadapi lawan-lawannya. Sebaliknya mereka yang pesimis, kalau dimainkan pun akan menemukan alasan dan cara bagaimana “dihajar” lawan-lawannya.

You are what you think

Memang benar, optimis tidak menjamin kemenangan dan sebaliknya pesimis tidak menjamin kekalahan. Namun seperti diceritakan di buku “Secret“, the universe will conspire to make it happen to you.

Oleh karena itu, sebagai warga negara, saya terganggu membaca komentar seorang mantan jaksa agung yang pesimis bahwa “…hingga 10 kabinet lagi sekalipun, korupsi di negeri ini kemungkinan belum terberantas tuntas …” Harian Kompas, Senin 27 Oktober 2008 halaman 3.

Kalimat ini keluar dari mulut seorang yang dipercaya memberantas korupsi. Saya membayangkan seandainya yang bersuara itu Baharuddin Lopa, tentu akan sangat beda.

Ah, saya teringat satu bagian quote yang cukup terkenal:

A winner always found answers in every problems
A loser always see problems in every answers

A winner says, “its difficult, but its possible”
A loser says, “its possible, but its difficult”

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: