jump to navigation

Selamat Ulang Tahun September 19, 2009

Posted by deltawhiski in general.
trackback

Panjang umurnya
Panjang umurnya
Panjang umurnya
Serta mulia
Serta mulia
Serta mulia

Lagu diatas adalah salah satu lagu paling populer yang dinyanyikan ketika seseorang berulang tahun selain lagu Happy Birthday To You.

Apa makna dan harapan dari syair lagu diatas?

Sederhananya bisa dipahami sebagai yang menyanyikan lagu berharap dan mendoakan yang berulang tahun agar diberi umur panjang.

Agar berumur panjang, seseorang perlu kesehatan yang baik.
Untuk hidup yang panjang, seseorang perlu menjalaninya dengan bahagia.

Saya teringat ada satu episode film Star Trek (kalau tidak keliru), dimana ada seseorang yang “terjebak” dalam satu ledakan quantum sehingga bagi dia waktu tidak bergerak. Orang ini “mengeluhkan” dia telah hidup ribuan tahun dan betapa sangat membosankan hidup ini baginya. Semua buku yang pernah ada telah habis dibaca, semua ilmu yang pernah ditemukan telah dipelajari, dan semua tempat yang ada sudah pernah didatangi. Setiap bangun pagi, keadaan disekeliling berubah namun bagi dia sendiri tidak. Dia masih orang yang persis sama dengan kemarin.

Didekat kantor kami, ada seorang bapak tua sekitar berusia 70 tahun dengan tubuh membungkuk, kepala yang sulit ditengadahkan, dan langkah kaki yang terseret-seret (mungkin pernah kena stroke) setiap sore menyusuri jalan dengan sangat lambat dan membawa beberapa bungkus kacang untuk dijajakan kepada orang yang ditemui dijalan. Saya juga merasakan waktu berjalan sangat lambat bagi bapak tua ini.

Saya membayangkan setiap orang pernah melewati masa kecil dan masa muda yang penuh keceriaan dan penuh harapan. Demikian juga bapak tua penjual kacang diatas. Apakah bapak tua ini menggugat orang-orang yang dulunya pernah mendoakannya berumur panjang?

Hidup adalah misteri.
“Ada orang yang diberi umur panjang, sementara ada orang yang diberi umur pendek. Namun bukan itu yang utama. Yang terpenting adalah bagaimana hidup kita, entah itu panjang atau pendek, berguna bagi orang lain. Manusia dikenal dan dikenang bukan dari apa yang bisa mereka peroleh, tetapi dari apa yang telah mereka berikan”
Ucapan Papa saya, yang kebetulan tidak diberi umur terlalu panjang. Papa saya meninggal dalam usia 40 tahun ketika saya masih dikelas 5 SD.

Jadi, dalam setiap ucapan Selamat Ulang Tahun, Semoga Panjang Umur selalu tersirat niat untuk memberikan apapun yang terbaik yang bisa saya berikan untuk kebahagiaan bagi yang berulang tahun.

Tulisan ini saya dedikasikan bagi seseorang yang sangat berharga dalam hidupku, putraku Carlson yang genap berusia 7 tahun pada tanggal 19 September  hari ini dan juga bagi sahabatku yang juga berulang tahun.

Semoga Anda selalu berbahagia dan berguna bagi dunia.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: