jump to navigation

Melacak posisi pesawat terbang bagi orang awam March 10, 2014

Posted by deltawhiski in Uncategorized.
trackback

Peristiwa kecelekaan pesawat terbang selalu menjadi pusat perhatian, terlebih-lebih pesawat dimaksud adalah pesawat penumpang dengan jumlah penumpang yang banyak. Inilah yang baru terjadi pada pesawat Boeing 777 milik Malaysia Airlines yang sedianya akan terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Pesawat terbang pada pukul 00.40 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Beijing pada pukul 06.30. Tidak ada perbedaan waktu antara Kuala Lumpur dengan Beijing, sama-sama GMT+8.

 Pesawat dengan nomor registrasi 9M-MRO ini tidak pernah tiba di Beijing. Pesawat ini hilang dari radar tepat pukul 02.41 ketika sedang terbang diatas Laut Cina Selatan sebelah Timur Laut Kuala Trengganu. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi dan belum ada informasi resmi mengenai hal ini, namun pihak Malaysia Airlines sudah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa mereka kehilangan pesawat Boeing 777 tersebut.
Namun jika ada yang penasaran dengan perjalanan terakhir dan posisi pesawat naas tersebut tidak perlu menunggu lama karena saat ini ada Flightradar24 yang menyediakan layanan pelacak posisi pesawat terbang bagi publik. Mungkin hal ini kedengaran aneh beberapa tahun yang lalu, namun banyak hal yang dulunya mustahil sekarang tidak lagi. Kita tidak perlu punya ijin khusus sebagaimana layaknya CIA atau memiliki perangkat yang super canggih seperti agen rahasia James Bond 007, bahkan tidak perlu meretas sistem komputer menara pengawas untuk mengintip posisi pesawat tertentu, cukup menggunakan komputer, notebook, smartphone atau tablet yang terhubung internet. Jika Anda memiliki smartphone iPhone, iPod atau dari keluarga Android, masuk ke AppStore (Apple) atau Google PlayStore (Android), cari dan download aplikasi Flightradar24. Kalau menggunakan komputer atau notebook, cukup buka URL http://www.flightradar24.com.
Berikut ini jejak penerbangan MH370 beberapa saat sebelum hilang dari radar. Terbaca pesawat tersebut terbang pada ketinggian 35.000 feet dengan arah penerbangan 25 derajat di koordinat Latitude 6.8 dan Longitude 103.52.
Inline image 1
Tidak lama kemudian, pada koordinat Latitude 6.9 dan Longitude 103.63, pesawat terdeteksi mendadak membelok ke arah 40 derajat dan ketingian langsung jatuh ke 0 feet dan setelah itu pesawat menghilang dari radar.
Inline image 3
Seberapa akuratnya data Flightradar24? Boleh dikata sangat akurat. Saya sendiri pernah beberapa kali mengujinya ketika menjemput teman atau keluarga di bandara Soekarno Hatta. Dengan realtime view yang disajikan Flightradar, saya mengetahui persis ketika pesawat yang saya tunggu touchdown landasan bandara, berselang beberapa menit kemudian baru terdengar pengumuman ketibaan pesawat dan update di layar informasi yang tersedia di luar bandara. Kunjungi juga URL berikut ini untuk mendapatkan jawabanHow Accurate is Flightradar24 dalam pemberitaan terkait kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH370 dari TV Astro.
Yang lebih dahsyat, Flightradar24 menyediakan rekaman 30 hari terakhir yang bisa diakses publik. Saya tadi sempat mencoba ingin merekonstruksi penerbangan pesawat MH370 belum berhasil, entah itu dikarenakan server Flightradar24 yang sedang banyak diakses oleh banyak orang atau karena internet dirumah sedang lambat (seorang menteri tidak tahu dan mempertanyakan apa gunanya internet cepat-cepat). Beruntung ada seorang user lain yang sudah merekam dan mengunduhnya ke Youtube. Inilah penerbangan terakhir Boeing 777 Malaysia Airlines 9M-MRO.
http://youtu.be/bRZXS6Y291k
Mari turut mendoakan semua penumpang dan awak pesawat dimanapun mereka berada pada saat ini beserta seluruh keluarga mereka yang saat ini sedang cemas menunggu kabar dan perkembangan pencarian berikutnya.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: